aquarium palembang

Ikan Aquascape


Jual Ikan Aquascape Palembang

Jual ikan aquascape , discus , guppy , manfish , neon dan pleco  di Palembang.

RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233

aquascape palembang


Jual Ikan Aquascape :

Ikan Discus

aquascape palembang

Ikan Guppy

aquascape palembang

Ikan Neon

aquascape palembang

Ikan Ember Tetra

aquascape palembang

Ikan Red Nose Tetra

aquascape palembang

Ikan Rainbow

aquascape palembang

Ikan Dwarf Gourame

aquascape palembang

Ikan Sepat Madu

aquascape palembang

Ikan Sumatera ( Tiger Barb )

aquascape palembang

Ikan Sumatera Abino

Lihat juga : Ikan Albino

aquascape palembang

Ikan Congo Albino

aquascape palembang

Ikan Buenos Aires Albino

aquascape palembang

Ikan Yellow Panchax

aquascape palembang

Ikan Chili Rasbora

aquascape palembang

Ikan Manfish Platinum

aquascape palembang

Ikan Pleco Albino

aquascape palembang

Ikan Corydoras Albino

aquascape palembang

Ikan Platy

aquascape palembang

Ikan Molly

aquascape palembang


RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233


Yuk! Berkenalan Lebih Dekat dengan Aquascape Palembang, Seni Dekorasi dalam Akuarium

Mengenal Aquascape Palembang dan Aliran Dekorasinya

Secara harfiah aquascape adalah seni mendekorasi akuarium. Akuarium yang tadinya hanya berupa kotak kosong yang berisi air dan ikan saja, bisa didekorasi dengan desain yang unik dan cantik. Dekorasi yang digunakan mempunyai banyak aliran yang sering digunakan oleh para pencinta aquascape. Masing-masing dekorasi aquascape Palembang mempunyai keunikan dan bahan dekorasi yang berbeda-beda.

Untuk mengenal lebih jauh tentang aliran aquascape yang sering digunakan, berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

  1. Freehand Aquascape Style

Gaya aquascape ini merupakan gaya yang beraliran bebas sebab lebih banyak mengandalkan kreativitas pendekornya. Keunikan aliran dan gaya ini adalah dapat menciptakan dekorasi aquascape yang original dan khas.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat dekorasi aquascape ini adalah berupa tanaman air, batu-batuan, karang dan beberapa jenis rerumputan. Dekorasi jenis ini lebih banyak digunakan untuk ajang perlombaan.

  1. Nature Aquascape Style

Nature aquarium style ini adalah jenis dari gaya aquascape yang pertama kali muncul di Jepang. Ciri khas aquascape nature adalah keharmonisan dalam menyelaraskan bahan yang digunakan. Bahan alami yang sering digunakan adalah batu, kayu apung dan tanaman air. Umumnya aquscape jenis ini mempunyai landscape tertentu, misalnya laut, bukit atau yang paling seru adalah miniatur taman.

  1. Iwagumi Aquascape Style

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa konsep aquascape iwagumi berasal dari Jepang.  Termasuk jenis aliran modern, aquascape ini mempunyai ciri khas batu yang disusun dengan prinsip rasio emas, yakni teknik penataan 3 jenis batu yaitu batu primer dan dua batu sekunder yang ukurannya lebih kecil.

  1. Forest Aquascape Style

Forest aquascape atau jungle, mempunyai banyak gaya dalam dekorasinya. Pembuatan aquascape forest lebih mempresentasikan kehidupan hutan. Karena meniru ekosistem hutan, maka tanaman yang digunakan dalam proses dekorasi cenderung lebih banyak dan besar. Umumnya berkayu. Peletakan bahan dekorasi aquascape dari bebatuan hingga artificialnya memperlihatkan sebuah penampakan hutan dalam aquascape air tawar.

5. Taiwanese AquascapeStyle

Jika diperhatikan dengan seksama, para penghobi dekorasi aquascape lebih banyak berasal dari kawasan Asia Timur. Tak terkecuali Taiwan. Unsur dalam aliran aquascape Taiwan adalah dominan bermain dalam unsur ketinggian dan kehidupan. Lebih menonjolkan sisi lain dari pemandangan kolam bawah air. Jadi terlihat ada jenis makhluk lain selain ikan dalam kolam tersebut. Teknik ini menggunakan jenis tanaman rumput untuk bagian alas dan di atasnya terdapat tanaman berkayu.

6. Aquascape Bergaya Jepang

Aquascape bergaya Jepang lebih banyak bermain pada penggunaan batu, sehingga dekorasi tanaman air kurang begitu diperhatikan. Mayoritas aquascpae gaya Jepang hanya sekumpulan batu yang ditumpuk tanpa adanya pepohonan atau tanaman yang biasanya merupakan unsur sebuah aquascape.

Namun, meskipun hanya dekorasi bebatuan, style ini membuat bebatuan tersebut seakan hidup dan menunjukkan berbagai ekspresi manusia dan lingkungannya. Untuk membuatnya unik dan menarik, butuh aquascaping yang profesional dan mempunyai daya kreativitas tinggi.

7. Biotop Aquascape Style

Disebut sebagai laboratorium biologi bawah air karena aquascape jenis ini menggunakan ekosistem flora dan fauna tertentu. Jenis ini lebih banyak digunakan sebagai ajang penelitian tentang adaptasi, rantai makanan dan kehidupan biota laut. Ciri khas yang paling nampak dari aquascape ini adalah penggunaan batu yang berani. Meskipun menggunakan banyak tanaman air juga, bebatuan lebih banyak mendominasi.

Terkesan kaku, tapi aquascape ini terkenal sebagai gaya yang paling natural dan mempesona, sebab unsur biotik dan abiotiknya akan selaras. Dengan demikian akuarium yang menggunakan teknik dekorasi ini akan lebih sehat.

Dengan beberapa inspirasi dari aliran aquascape  di atas, tentu yang paling banyak mendapat perhatian selain teknik dekorasi adalah bahan-bahan yang digunakan berikut peralatan pelengkap desain. Bahan utama untuk aquascape Palembang adalah tanaman air, batu-batuan dan kayu dari berbagai jenis.

Jenis Tanaman Air dan Kayu Berkualitas untuk Aquascape Palembang

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa untuk mendekorasi aquascape membutuhkan beberapa bahan utama seperti tanaman air dan kayu untuk mempercantik tampilan. Namun, tidak semua jenis tanaman air dan kayu bisa digunakan. Ada beberapa jenis pilihan untuk mendekor aquascape mini yang cantik. Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Jenis Tanaman Air Aquascape

Terdapat beberapa jenis tanaman air yang bisa digunakan sebagai bahan utama untuk dekorasi aquascape.  Adapun tanaman yang akan dibahas adalah jenis tanaman aquascape tanpa CO2, karena merawatnya lebih mudah dan tidak cepat mati. Ciri tanaman ini umumnya tidak banyak memiliki akar dan bisa tumbuh di tempat rendah cahaya. Jenis yang digunakan antara lain;

  • Peacock Moss Tanpa CO2

Tanaman jenis pertama untuk aquascape adalah peacock moss. Tanaman ini mempunyai daun agak lebar. Meskipun tumbuh di tepat tanpa CO2, tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik. Ciri-ciri tanaman ini adalah rantingnya yang bercabang-cabang dengan daun berwarna hijau lumut.

  • Tanaman Aquascape Java Moss

Jenis tanaman kedua adalah Java Moss. Dari tampilannya, tanaman ini hampir mirip dengan rumput laut, berwarna hijau dan bentuk daunnya yang memanjang. Banyak yang menggunakan tanaman ini, sebab karakter Java Moss adalah mudah dipelihara dalam aquascape. Kelebihan lain tanaman Java Moss adalah dapat beradaptasi di lingkungan dengan berbagai kualitas cahaya. Tanaman ini akan lebih cocok apabila ditaruh di atas karang dan dapat digunakan sebagai tempat berlindung para ikan.

  • Christmas Moss

Jenis Christmas Moss adalah jenis tanaman tanpa CO2 juga. Meskipun demikian tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik. Mirip dengan Peacock Moss, yang membedakan adalah daun tanaman ini lebih kecil dan tidak beraturan. Namun, jenis ini kurang diminati karena pertumbuhannya yang cepat hingga tanaman lebih cepat tinggi jika pencahayaannya juga tinggi.

  • Tanaman Riccia Fluitans

Jenis tanaman apung, Riccia Fluitans sering digunakan untuk dekorasi aquascape dengan seni yang rumit. Jika melihat tampilannya, bentuk tanaman ini mirip bola agak pipih, warna hijau terang. Meskipun sifat tanaman ini mengapung di air, tapi pertumbuhannya sangat subur. Jadi Anda bisa membiarkan tanaman ini tumbuh merambat di atas kayu atau batu hingga dapat menampilkan landskap hijau berbukit.

  • Java Fern

Java Fern pertama kali ditemukan di Asia Tenggara. Tanaman ini lebih banyak ditemukan menempel di atas batu di pinggiran sungai. Karena sifatnya yang menempel ini, banyak yang menyebutnya sebagai tanaman parasit.

Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk aquascaper pemula karena perawatannya yang mudah. Selain itu tanaman ini juga sangat indah untuk dijadikan hiasan pada aquascape mini.

  • Tanaman Air Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah jenis tanaman aquascape yang mirip dengan rumput biasa yang tumbuh di lingkungan sekitar Anda. Hanya saja dalam aquascape pertumbuhan rumput ini bisa semakin cepat. Karena pertumbuhannya yang cepat, Anda harus sering memangkasnya agar tanaman lain tidak tertindih oleh Lilaeopsis.

2. Jenis Kayu untuk Dekorasi Aquascape

Dalam dekorasi  aquascape, tanaman air bukanlah sebagai unsur utama saja selain batu-batuan. Berbagai jenis kayu juga bisa dijadikan pelengkap untuk keindahan aquascape Palembang yang dibuat. Di bawah ini adalah beberapa jenis kayu berkualitas yang biasanya digunakan sebagai bahan dekorasi:

  • Kayu Rasamala

Berbagai jenis kayu-kayu berkualitas memang lebih banyak digunakan untuk aquascape bonsai yang juga tak kalah menariknya dari aquascape iwagumi. Jenis kayu pertama yang digunakan adalah kayu Rasamala.

Kayu ini sering digunakan oleh para desainer aquascape sebagai media utama. Penyebabnya adalah harga kayu ini yang cenderung murah dan mudah kering. Di samping itu, apabila kayu ini telah mengering tidak terlalu banyak mengeluarkan tanin sehingga warna kayu tidak banyak mengalami perubahan.

  • Kayu Santigi

Kayu jenis bonsai yang sering digunakan untuk membuat aquascape bonsai. Lekukan indah yang ditampilkan kayu ini membuatnya terlihat indah dan muncul kesan dramatik.

  • Brancwood

Jenis kayu ini mempunyai ranting yang lebih banyak sehingga terlihat menyerupai pohon yang rimbun. Apalagi dalam dekorasinya Anda menambahkan tanaman Moss, akan terlihat lebih rimbun dan indah.

  • Kayu Bakau

Kayu jenis Bakau adalah jenis kayu yang mempunyai kadar tanin yang cukup tinggi. Sehingga sebelum proses dekorasi aquascape dengan kayu Bakau, diperlukan proses terlebih dahulu. Dengan demikian diharapkan kandungan taninnya tidak mengubah warna air dan juga warna batangnya.

 

  • Kayu Jambu

Dalam pembuatan aquascape , Anda mungkin tidak menyangka apabila kayu atau ranting pohon jambu dapat digunakan sebagai hiasan. Kayu jenis ini juga tidak kalah dengan kayu lain yang biasa digunakan.

Kayu jambu yang digunakan sebaiknya adalah kayu dari pohon jambu biji. Jangan  Masukkan kayunya secara langsung ke dalam aquascape. Untuk menghilangkan tannin dari kayu, Anda bisa mengerok kayu tersebut, jemur hingga kering lalu rebus kayunya.

  • Kayu Senggani

Kayu ini cukup bagus digunakan sebagai hiasan dalam aquascape. Kayu ini biasanya dipakai saat membuat bonsai. Ukuran kayu ini tidak terlalu besar, maka yang digunakan adalah akarnya saja. Akarnya yang besar terlihat eksotis apabila digunakan untuk hiasan aquascape.

  • Kayu Kopi

Sama halnya dengan kayu jambu yang bisa digunakan untuk hiasan aquascape, akar dari pohon kopi juga demikian. Keberadaannya yang cukup banyak membuat kayu ini mudah untuk didapatkan secara gratis. Kayu kopi mempunyai bentuk yang unik, akar yang banyak dengan ukuran yang bervariasi.

Untuk dijadikan hiasan aquascape simple, kayu yang akan digunakan harus direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan getah yang ada pada kayu tersebut. Kerok kulitnya, jemur lalu rebus. Selanjutnya tinggal direndam selam 3 minggu.

  • Kayu Jati

Kayu selanjutnya yang bisa digunakan untuk hiasan aquascape adalah kayu jati. Akan tetapi kayu ini peminatnya tidak terlalu banyak karena mudah untuk mengambang dan susah untuk tenggelam. Jika tetap ingin menggunakannya harus diberi beban berat.

  • Kayu Mopani

Kayu ini berasal dari benua Afrika. Kayu ini pun sering digunakan untuk hiasan aquascape karena teksturnya yang kuat dan kokoh.

  • Kayu Horn

Kayu terakhir yang bisa digunakan adalah kayu Horn. Kayu ini adalah salah satu kayu yang digunakan oleh pencetus aquascape. Ciri khas kayu ini adalah teksturnya yang unik dan kuat. Meskipun tidak memiliki cabang, tapi mempunyai motif seperti tanduk. Harga kayu ini bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan.

Jual Aquarium Palembang , ikan hias Palembang , toko aquascape , ikan cichlid , ikan koi , ikan arowana , ikan louhan , ikan discus , ikan guppy , ikan aquascape , ikan albino , ikan predator di Palembang