aquarium palembang

Ikan Arwana


Jual Ikan Arwana Palembang

Jual ikan arwana super red , golden cross back , golden red , red banjar , brazil / silver , jardini / Irian dan golden pino di Palembang.

RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233

aquarium palembang


Jual Ikan Arwana :

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Silver / Brazil

Ikan Arwana Golden Red

Ikan Arwana Jardini / Irian

Ikan Arwana Golden Cross Back

Ikan Arwana Golden Pino

Ikan Arwana Banjar Red


Ikan Arwana Palembang :

Cara Merawat dan Tips Sukses Merawat  Ikan Arwana

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan arwana ? Utamanya para pencinta ikan hias Palembang pasti kenal dengan ikan eksotis yang satu ini. popularitas ikan arwana Palembang cukup tinggi. Jadi bukan hal asing lagi jika banyak orang yang melirik ikan ini. Mulai dari ikan koleksi hingga membudidayakannya.

Termasuk jenis ikan predator, salah satu ikan hias air tawar ini masih banyak dijumpai hingga saat ini. Ikan arwana mempunyai banyak jenis seperti  Ikan Arwana Super Red, Ikan Arwana Silver , ikan arwana Jardini / Irian , ikan arwana golden crossback , ikan arwana golden pino , ikan arwana red banjar dan ikan arwana golden red.

Ciri-Ciri Ikan Arwana Palembang :

Walaupun keberadaan ikan arwana sangat populer di kalangan masyarakat, tapi masih terdapat beberapa orang yang tidak mengetahui dengan detil bagaimana ciri-ciri ikan arwana meski telah melihat secara langsung. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan arwana yang bisa dilihat dari dekat;

  1. Umumnya ikan arwana memiliki tubuh yang panjang. Letak siripnya berada di bagian belakang tubuh.
  2. Seperti ikan hias air tawar lainnya, ikan arwana Palembang memiliki variasi warna yang banyak sekali. Seperti warna merah, emas, hijau dan silver. Yang paling terkenal diantara variasi tersebut adalah ikan arwana super red yang begitu cantik warnanya.
  3. Ciri fisik ikan arwana dapat dilihat dari mulutnya yang berbentuk runcing, mengarah ke atas serta memiliki badan kepala yang padat.
  4. Ciri fisik lainnya adalah bentuk tubuhnya yang tipis dan memanjang. Lurus hingga sirip punggung.
  5. Ikan arwana dewasa umumnya memiliki panjang tubuh sekitar 30-80 cm.
  6. Sering disebut sebagai ikan naga karena ikan ini mempunyai dua sungut pada bagian bawah bibir.
  7. Jika diperhatikan bentuk perut ikan arwana sangat tipis karena sesuai dengan kebiasaan ikan ini yang sangat jarang untuk makan.

Variasi Jenis Ikan Arwana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan arwana mempunyai banyak variasi yang banyak ditemui di pasaran. Apa saja jenisnya? Berikut ini adalah jenis yang paling terkenal dari ikan Arwana:

  1. Ikan Arwana Super Red

Jenis ini berasal dari Kalimantan yang banyak ditemui di sungai Kapuas dan danau Sentarum. Tempat ini merupakan habitat asli dari ikan arwana super red. Ciri utama ikan ini adalah warna merah mencolok pada bibir, sirip dan sungutnya.

  1. Ikan Arwana Golden Crossback

Ikan arwana golden banyak ditemui di daerah Malaysia seperti Perak, Trengganu dan Johor. Karena itu lah ikan arwana jenis ini mempunyai julukan sesuai nama tempat asalnya seperti golden Pahang atau Malaysia gold.

  1. Ikan Arwana Silver / Brazil

Ciri ikan arwana ini adalah bentuk tubuh dan siripnya yang memanjang dari bagian tengah badan hingga ujung ekornya. Berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia, ikan arwana jenis ini dikenal dengan ikan arwana silver.

  1. Ikan Arwana Golden Red

Bagian dari varietas arwana golden, jenis ini banyak ditemui di daerah Riau. Disebut juga dengan Red Tail Golden.

Dari beberapa jenis ikan arwana yang telah disebutkan di atas, yang paling terkenal dan ikan arwana termahal adalah jenis super red, sebab jenis ini mempunyai tampilan yang unik dan menarik.

Keunikan Ikan Arwana

Apakah Anda tahu bahwa ikan arwana termasuk jenis ikan yang memiliki keunikan dan ciri khas dibanding dengan jenis ikan hias lainnya? Keunikan yang pertama, terletak pada proses reproduksinya. Ikan arwana betina tidak seperti ikan betina pada umumnya karena dapat menghasilkan telur sendiri tanpa membutuhkan pasangan. Hal ini akan terjadi saat ikan arwana menginjak usia 4 tahun.

Keunikan lainnya adalah,ikan arwana jantan akan mengawasi dan menjaga telur-telur ikan arwana pada saat proses pengeraman. Telur tersebut akan diletakkan di mulut ikan arwana jantan untuk dierami.

Sedangkan ikan arwana betina akan mengawasi keberadaan telur pada ikan arwana jantan agar terhindar dari predator lain. Setelah menetas,ikan jantan akan mengeluarkan anakan dan membiarkannya berenang ke alam bebas..

Proses Budidaya Ikan Arwana

Karena banyak yang tertarik dengan ikan ini, baik untuk dikoleksi atau dijual kembali, semakin banyak pula yang berminat untuk membudidayakan ikan arwana Palembang. Keuntungan budidaya ikan ini sangat menguntungkan, karena telah diketahui bahwa harga ikan arwana ini sangat mahal.

Untuk melakukan proses budidaya, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan yaitu:

  1. Menyiapkan indukan ikan arwana yang berkualitas
  2. Menyiapkan tempat pembenihan. Setelah telur yang dierami oleh ikan arwana jantan telah menjadi anakan, Anda bisa memindahkan anakan tersebut ke tempat lain yang lebih aman.
  3. Menyiapkan makanan untuk anakan dan selalu memonitor perkembangan anakan tersebut.

Cara Merawat Anakan Ikan Arwana

Untuk merawat ikan arwana Palembang anakan dan dewasa, pastinya berbeda. Dibutuhkan proses pengawasan ketat agar anakan ikan arwana dapat tumbuh baik hingga dewasa. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam merawat anakan ikan arwana;

  1. Kolam Untuk Pembenihan

Kolam untuk pembenihan sebaiknya dipersiapkan dengan baik. Kolam ini akan dibutuhkan saat anakan ikan arwana memiliki panjang sekitar 1 cm. Proses pembenihan sendiri akan berlangsung hingga anakan ikan arwana mempunyai panjang 10-12 cm.

  1. Kolam Untuk Peremajaan

Apabila proses pembenihan ikan arwana telah selesai, proses selanjutnya adalah peremajaan. Pada proses ini, kolam yang disediakan berbeda. Anda harus menyediakan kolam lain untuk proses ini. proses peremajaan akan berlangsung hingga panjang anakan ikan arwana mencapai 30-40 cm.

  1. Proses Panen

Melewati proses peremajaan dengan baik, selanjutnya Anda bisa melakukan proses panen yaitu memilih ikan arwana dewasa yang berkualitas berdasarkan warna dan ukuran ikan arwana Palembang. Anda bisa memelihara ikan ini hingga mencapai usia dewasa atau menjualnya di pasaran karena harganya yang tinggi.

Cara Merawat Ikan Arwana Dewasa

Ketika proses pembenihan dan pemeliharaan anakan ikan arwana telah berhasil, Anda bisa memelihara ikan arwana tersebut hingga dewasa. Berikut ini adalah cara merawat ikan arwana dewasa yang harus Anda ketahui:

  1. Jaga Kebersihan Akuarium

Menjaga kebersihan akuarium sebagai media memelihara ikan arwana Palembang, haruslah diperhatikan. Karena jika diabaikan akan menimbulkan penyakit pada ikan arwana. Anda bisa mengganti air pada akuarium secara berkala.

  1. Memberi Makanan Terbaik

Pemberian makanan ikan arwana sangat berpengaruh pada proses perkembangan ikan itu sendiri. Anda bisa memberi makan ikan sehari satu kali dan menyediakan pakan yang bervariasi agar nafsu makan ikan arwana tetap terjaga.

  1. Pengawasan Sistem Sirkulasi

Yang paling penting tidak hanya tentang kebersihan akuarium semata. Sistem sirkulasi pada akuarium juga harus Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan, agar ikan arwana merasa nyaman berada di dalam akuarium dan tidak mengalami stres. Sirkulasi ini akan menjaga kondisi air tetap bersih sehingga tidak menimbulkan penyakit untuk ikan arwana.

Kelebihan Memelihara Ikan Arwana dalam Kolam

Dari beberapa pengalaman dan fakta yang didapatkan ketika melakukan budidaya ikan arwana dalam kolam,ternyata banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah ikan arwana akan cepat tumbuh. Perkembangan ikan arwana juga lebih baik dibandingkan dengan ikan arwana yang diletakkan di akuarium. Salah satu sebabnya adalah ukuran kolam yang besar akan memicu agresivitas dan mobilitas ikan arwana hingga lebih mudah untuk bergerak kesana kemari.

Perawatan Kolam Ikan Arwana

Memutuskan untuk melakukan budidaya ikan arwana  dalam kolam, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu;

  1. Persiapan Kolam

Kolam yang digunakan untuk melakukan budidaya harus sesuai dengan kebutuhan. Kolam untuk anakan dan dewasa jelas pasti berbeda. Sesuaikan ukuran kolam dengan populasi ikan yang ada di dalamnya.

  1. Volume Air

Yang perlu diketahui, bahwa semakin banyak air yang tersedia dalam kolam, maka akan semakin baik untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan arwana. Dengan air yang banyak akan menyebabkan ikan arwana dapat bergerak leluasa dalam kolam.

  1. Sinar Matahari

Pastikan bahwa sinar matahari yang terkena pada kolam, cukup tersedia. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan ikan arwana. Jika ikan mendapat sinar matahari secara langsung, maka ikan akan berkembang dengan cepat.

  1. Hindari Air Hujan

Mengapa air hujan perlu dihindari bagi Anda yang melakukan budidaya ikan dalam kolam, karena dapat menurunkan PH air dalam kolam serta membuat kolam menjadi kotor.

  1. Awasi Munculnya Predator

Beberapa gangguan yang muncul tidak hanya berasal dari kolam saja. Anda harus waspada terhadap predator yang muncul dari luar kolam. Ular dan musang misalnya.

  1. Tabur Garam untuk Membunuh Bakteri

Bakteri terkadang muncul pada kolam dan dapat mengganggu perkembangan ikan arwana. Untuk mengatasinya, Anda bisa menabur garam pada kolam.

Memelihara Ikan Arwana dalam Akuarium

Selain memelihara ikan arwana dalam kolam, Anda juga bisa memelihara ikan ini dalam sebuah akuarium. Meski tidak seluas kolam, ikan arwana tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik saat berada dalam akuarium. Untuk memelihara ikan dalam akuarium terdapat beberapa hal yang harus Anda siapkan antara lain;

  1. Akuarium

Pertama yang harus Anda siapkan tentunya adalah akuarium itu sendiri. Sediakan yang sesuai dengan ukuran ikan arwana agar ikan tetap dapat bergerak bebas dan dapat tumbuh dengan baik.

  1. Air Akuarium

Air yang digunakan dalam akuarium haruslah air yang bersih. Begitu pun juga saat perawatan, kondisi air harus diperhatikan. Ganti air secara berkala agar tetap bersih dan ikan akan tetap sehat.

  1. Hiasan untuk Akuarium

Agar ikan arwana merasa nyaman berada dalam akuarium,Anda bisa menambahkan beberapa hiasan dalam akuarium. Bisa berupa tanaman air, batu- batuan atau pun kayu.

  1. Anakan Ikan Arwana

Setelah media akuarium siap, Anda bisa memilih anakan ikan arwana yang berkualitas. Ciri anakan yang berkualitas adalah tidak adanya cacat dan bergerak aktif.

  1. Memasukkan Ikan Arwana dalam Akuarium

Sebelum memasukkan ikan arwana ke dalam akuarium, masukkan ikan tersebut ke dalam plastik. Setelah dapat beradaptasi dengan baik, baru Anda bisa memasukkannya ke dalam akuarium. Jika memasukkannya secara langsung dikhawatirkan ikan arwana akan kaget dan stres.

  1. Tutup Akuarium

Ikan arwana adalah jenis ikan yang agresif, untuk menghindari ikan arwana melompat dari akuarium, sebaiknya Anda memberi tutup pada akuarium tersebut.

  1. Penempatan Akuarium di Tempat yang pas

Penempatan akuarium pun harus diperhatikan. Jangan meletakkan akuarium di tempat yang ramai karena akan membuat ikan menjadi stres. Letakkan di tempat yang tenang dan nyaman.

 

  1. Kebersihan Akuarium

Agar kesehatan ikan arwana tetap terjaga, maka Anda harus sering memperhatikan tentang kebersihan akuarium yang digunakan. Kuras secara teratur akurium dan ganti dengan air yang baru dan bersih.

Sukses Berbisnis Ikan Arwana yang Menguntungkan

Menggeluti bisnis ikan arwana,siapa pun akan tertarik jika melihat betapa besar keuntungan dari bisnis ikan hias ini. dilihat dari harganya saja, ikan ini tergolong  jenis ikan hias yang mempunyai harga fantastis.

Untuk menuai kesuksesan dalam berbisnis ikan arwana Palembang ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan antara lain:

  1. Kualitas Bibit Ikan Arwana

Untuk melakukan budidaya ikan hias apa pun, agar sukses saat melakukannya, sejak awal pembibitan,kualitas bibit ikan harus benar-benar dipersiapkan. Pilih bibit ikan yang berkualitas dari induk yang berkualitas pula.

  1. Media Budidaya Ikan Arwana

Media untuk melakukan budidaya ikan arwana  tidak hanya berupa akuarium saja. Jika Anda ingin melakukan budidaya secara besar, maka media kolam adalah pilihan yang tepat. Perhatikan kualitas kolam beserta bahannya.

  1. Proses Perkembangan Ikan

Perkembangan ikan arwana haruslah diperhatikan apabila menginginkan panen ikan arwana yang berkualitas. Hindarkan ikan arwana dari penyakit dan bakteri yang akan mengganggu kesehatan ikan. Utamanya hindarkan dari stres hingga tidak bisa berkembang dengan maksimal.

  1. Asupan Makanan yang dibutuhkan

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan arwana, yaitu katak, udang, pelet, jangkrik dan juga kelabang. Beri pakan ikan arwana secara teratur dan cukup agar ikan arwana tidak kekurangan pakan dan menyebabkan kanibalisme.

  1. Jejaring Pemasaran yang Luas

Sukses dalam bisnis ikan arwana, tidak hanya ditentukan dari beberapa faktor di atas. Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah tentang jejaring pemasarannya. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka peluang untuk memasarkan ikan arwana akan semakin banyak. Apalagi harga ikan arwana sangat mahal.

Melakukan budidaya ikan arwana memang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Akan tetapi hal itu akan terbayar dengan keuntungan yang akan Anda terima. Keuntungan ini berasal dari harga ikan arwana yang bisa mencapai 5 juta untuk satu ekornya.

Harga Ikan Arwana Berdasarkan Jenisnya

Seperti diketahui bahwa ikan arwana  mempunyai banyak jenis yang dapat dipelihara. Untuk harga tiap jenis pastilah berbeda. Untuk mengetahui harga ikan arwana ini, berikut ini adalah rangkumannya:

  • Ikan Arwana Brasil

Dari jenis ikan arwana yang ada, bisa dibilang harga jenis ikan arwana Brasil adalah termasuk yang paling terjangkau. Ikan yang mempunyai bentuk tubuh panjang dengan warna silver pada seluruh tubuhnya ini mempunyai harga mulai dari 2 juta.

  • Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan arwana ini mempunyai sifat yang agresif dan sulit untuk menangkapnya. Ciri utama ikan arwana jenis ini adalah warna tubuhnya yang berwarna hijau, biru dan juga keemasan. Harga dari ikan ini adalah mulai dari 4,5 jutaan.

  • Ikan Arwana Hijau

Mempunyai nama lain Golden Pino. Ikan ini memiliki ciri warna yang berpadu antara kuning, hijau dan emas. Kepala ikan ini lebih besar dibanding dengan jenis lainnya. Harga ikan ini berkisar antara 4 juta.

  • Ikan Arwana Jardini / Papua

Ikan arwana jenis ini mempunyai nama lain juga yaitu arwana Australia karena banyak ditemukan di Papua dan Australia. Ciri fisik ikan ini adalah warna tubuhnya yang kuning keemasan . harga ikan ini sama dengan ikan arwana hijau yaitu 4 juta.

  • Ikan Arwana Banjar

Memiliki panjang 90 cm dengan sirip yang berwarna orange, harga ikan ini tergolong ekonomis yaitu mulai dari 2 juta. Yang unik dari ikan ini adalah geraknya yang aktif dari jenis ikan arwana lainnya.

  • Ikan Arwana Black Golden

Selanjutnya ikan arwana yang memiliki harga yang lumayan mahal adalah jenis ikan arwana Black Golden. Yang menyebabkan harga ikan ini mahal adalah warna keemasan pada tubuh ikan serta sisik yang berwarna kehitaman. Harga ikan ini bisa mencapai 18 jutaan per ekornya.

 

  • Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana lain yang tak kalah mahalnya adalah jenis arwana super red. Harga ikan ini bermacam-macam mulai dari 2 juta hingga 48 juta. Sesuai dengan namanya, ikan ini mempunyai ciri tubuh yang berwarna kemerahan. Karena warnanya yang cantik tersebut tidak heran apabila ikan ini akhirnya menjadi favorit. Ikan arwana super red banyak ditemui di sungai Kapuas Kalimantan Barat.

  • Ikan Arwana Cross Back Golden

Harga ikan jenis ini adalah 18 jutaan. Ciri umum yang dimiliki oleh ikan arwana ini adalah warna emas yang mencolok pada bagian punggung ikan. Harganya yang mahal bukan hanya dari warna tubuhnya, tapi juga keberadaan ikan ini semakin sulit untuk ditemui.

  • Ikan Arwana Batik

Ciri khas ikan ini sesuai dengan namanya. Memiliki corak batik pada tubuhnya, ikan ini pun sering disebut dengan arwana Myanmar. Dengan tubuh yang berwarna perunggu serta mempunyai pola sisik batik membuat ikan ini menjadi cantik dan unik. Untuk harganya, cukup fantastis yaity sekitar 56 juta. Harga yang cukup mahal untuk seekor ikan.

  • Ikan Arwana Platinum

Ikan arwana Platinum dikenal sebagai ikan arwana yang paling cantik. Memiliki warna platinum  yang memukau dan mengkilat. Tekstur tubuh ikan juga sangat lembut. Untuk harganya, mungkin akan membuat Anda kaget dan tak percaya. Harga ikan ini bahkan bisa mencapai 6,7 miliar. Hal tersebut sesuai dengan tampilan ikan ini yang memang sangat cantik. Jadi wajar apabila harganya pun tinggi sekali.

Alasan Mengapa Harga Ikan Arwana Selangit

Dari paparan harga yang telah dijelaskan di atas, pasti Anda akan bertanya-tanya, mengapa harga satu ekor ikan saja bisa sedemikian mahalnya. Ternyata selain melihat dari segi fisik yang terlihat terdapat beberapa alasan lain yang menyebabkan harga ikan ini bisa menjadi begitu fantastis:

  1. Ikan Keberuntungan

Sebagian yang membudidaya atau mengoleksi ikan ini, beranggapan bahwa ikan arwana adalah jenis ikan yang membawa keberuntungan dan kemakmuran.  Dari sisi  Feng Shui bahkan ikan ini adalah simbol kesehatan, kemakmuran dan kegembiraan.

Maka tidak heran, jika banyak orang yang tetap ingin membeli dan memiliki ikan arwana meskipun harganya selangit.

 

  1. Tanning

Selain membawa keberuntungan, ikan arwana adalah salah satu jenis ikan yang memerlukan tanning. Tujuan dari tanning ini adalah agar ikan arwana dapat mempunyai warna merah merona yang dipercaya warna ini dapat membawa keberuntungan. Melakukan proses tanning pada ikan ini harus benar-benar diperhatikan, sebab apabila kurang cermat, maka warna yang muncul akan kurang diminati. Hal ini juga akan berdampak pada harga jual ikan yang justru akan merosot jauh.

  1. Keberadaannya yang Langka

Terakhir yang membuat harga ikan ini sangat mahal adalah karena keberadaan dari beberapa jenisnya yang sangat langka. Umumnya stok ikan arwana di tempat budidaya atau penjualan akan sangat terbatas. Jadi wajar bukan, apabila kolektor ikan arwana apabila menemui ikan arwana yang sulit ditemui akan berani mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Tips Cermat dalam Memilih Ikan Arwana Unggulan

Dilihat dari harganya yang cukup mahal tersebut, mungkin akan membuat sebagian orang ragu untuk mengoleksi ikan hias yang satu ini. akan tetapi, bagi yang mempunyai banyak uang dan  tertarik memelihara ikan ini, berapa pun harganya pasti akan dibeli. Namun, untuk memilih ikan arwana tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa tips yang harus Anda ketahui:

  1. Perhatikan Ukurannya

Hal pertama yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk membeli ikan arwana adalah ukuran ikan tersebut. Umumnya ukuran ikan yang banyak dicari adalah 20-25 cm. Dengan ukuran yang sedang tersebut, akan memudahkan Anda untuk memelihara ikan tersebut dibanding memilih ukuran di bawahnya.

  1. Pilih Tempat Jual yang Terpercaya

Untuk membeli ikan arwana yang berkualitas, Anda harus memperhatikan dimana ikan tersebut dijual. Pastikan tempat penjualannya adalah yang terpercaya, paham dengan cara budidaya ikan arwana secara benar. Hingga kesehatan ikan arwana akan terjaga dan terhindar dari stres.

  1. Lihat Secara langsung

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi dan melihat secara langsung tempat penjualan ikan arwana. Dengan melihat dan datang secara langsung, Anda dapat menyaksikan kondisi fisik ikan tersebut.

Anda bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan pembudidayanya untuk mendapatkan informasi seputar budidaya secara langsung. Dengan demikian,  Anda dapat memilih dengan tepat manakah ikan arwana yang baik dan berkualitas.

  1. Perhatikan Kondisi Fisik

Tips terakhir adalah dengan memperhatikan kondisi fisiknya. Cermati fisik ikan apakah terdapat cacat pada tubuh ikan. Ikan arwana yang sedari anakan telah mempunyai cacat , saat beranjak dewasa harga ikan ini akan turun menjadi lebih rendah.

Mitos Tentang Ikan Arwana

Memelihara ikan arwana mungkin sedikit berbeda dengan memelihara ikan hias lainnya. Dari perawatannya, ikan ini lebih sulit. Akan tetapi, Anda tidak boleh menjadikan kesulitan pemeliharaan tersebut sebagai penghalang untuk budidaya ikan arwana.

Sebab sudah jelas bahwa memelihara ikan ini akan memberikan banyak keuntungan. Ikan arwana mempunyai kelebihan apabila dibandingkan dengan ikan hias yang lain, yakni harga jual ikan yang relatif stabil dan tidak mudah anjlok.

Dari segi warna ikan ini mempunyai warna yang menarik dan prestisius. Bahkan ikan ini membawa banyak mitos untuk orang yang memeliharanya. Bahwa ikan ini dapat membawa keberuntungan dan memelihara pemiliknya dari gangguan roh jahat dan nasib buruk. Oleh karena itu, harga ikan arwana menjadi semakin mahal dan banyak diminati.

Demikian informasi tentang budidaya, jenis ikan arwana dan harga dari ikan arwana yang beragam. Dengan mengetahui seluk beluk tentang ikan arwana Palembang diharapkan Anda akan mempunyai banyak pengetahuan saat memutuskan untuk terjun menekuni bisnis budidaya ikan arwana. Semoga bermanfaat.

Jual Aquarium Palembang , ikan hias Palembang , toko aquascape , ikan cichlid , ikan koi , ikan arowana , ikan louhan , ikan discus , ikan guppy , ikan aquascape , ikan albino , ikan predator di Palembang