aquarium palembang

Ikan Discus


Jual Ikan Discus Palembang

Jual ikan discus red melon , pigeon , leopard , red marlboro , blue diamond , leopard snake skin dan albino di Palembang.

RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233

aquarium palembang


Jual Ikan Discus :

Jual Ikan Discus Red Melon

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Pigeon

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Leopard

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Leopard Snake Skin

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Red Marlboro

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Blue Diamond

ikan discus palembang

Jual Ikan Discus Albino

ikan discus palembang


Cara Memelihara dan Merawat Ikan Discus Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Ikan Discus

Ikan discus adalah jenis ikan hias yang cantik dan berwarna-warni yang sangat cocok untuk aquascape Palembang .Ikan ini pun sangat menarik perhatian para koletor ikan di tanah air.Discus adalah jenis ikan yang memerlukan perawatan tinggi.Jika Anda tertarik untuk memeliharanya, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Ikan discus umumnya terdiri dari berbagai jenis. Karena pada dasarnya, ikan discus memiliki beberapa jenis yang berbeda. Adapun yang populer di daerah Palembang, dan beberapa daerah lainnya adalah :

  • Ikan discus pigeon
  • Ikan discus red ribbon
  • Ikan discus gold yellow
  • Ikan discus red melon
  • Ikan discus blue diamond
  • Ikandiscus turquoise
  • Dan lain-lain

Klasifikasidan Ciri-Ciri Ikan Discus yang Bagus

Discus adalah ikan yang diberi gelar ratunya ikan aquarium Palembang . Gelar tersebut tidak begitu saja diberikan kepada ikan cantik ini.Hal tersebut karena ikan discus memiliki keunikan tersendiri, terutama pada warnanya.Di pasaran, ikan discus sudah mudah sekali kita temukan.Namun, untuk mendapatkan yang terbaik Anda harus mengetahui ciri-cirinya.

Adapun ciri-ciri ikan discus yang bagus adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kulit cerah, tidak mengeluarkan lendir yang berlebihan, dan tidak mengeluarkan selaput.
  2. Sisik ikan discus harus bersih atau tidak terkelupas, tidak berbintik putih.
  3. Memiliki sirip yang lengkap, bersih, dan seimbang.
  4. Bentuk tubuhnya harus ideal, tidak terlalu kurus/tipis dan menampakkan ketebalan pada bagian dahi ikan.
  5. Gaya berenangnya tenang.
  6. Insang bagian kiri dan kanan membuka dan menutup secara teratur dan bersamaan.
  7. Pilihlah jenis ikan yang memiliki ukuran 2 inci.
  8. Pattern pada bagian sirip atau badan biasanya akan timbul secara bertahap mulai dari ukuran ikan sebesar 2 inci. Namun hati-hatilah jika ada ikan discus yang sudah jelas pattern-nya sebelum berukuran 2 inci. Karena, bisa jadi ikan diberi pakan yang memiliki kandungan hormon tertentu.

Menurut sistematika, ikan cantik berwarna-warni ini digolongkan sebagai berikut:

  1. Nama lokal: discus
  2. Genus:Symphyosodon
  3. Familiy: Cichiliade
  4. Ordo:Percomorphodei
  5. Subordo:Percoidea
  6. Species:Symphyosodon

Sedangkan jika diklasifikasikan berdasarkan corak dan warnanya, ikan discus digolongkan menjadi:

  1. Wild form
  2. Solid red
  3. Solid blue
  4. Solid yellow
  5. Unclassified/hybrid
  6. Stripped form
  7. Spotted form

Cara Memelihara Ikan Discus untuk Pemula

Anda pemula dalam memelihara ikan discus ? Tidak usah khawatir, berikut akan kami paparkan cara memeliharanya:

  1. Suhu Akuarium

Pastikan Anda menggunakan suhu akuarium yang pas untuk discus. Suhu yang cocok untuk ikan hias ini yaitu tidak terlalu tinggi. Pasalnya, suhu air yang tinggi akanmenurunkan kadar oksigen di dalam akuarium.

  1. pH yang Ideal

Ukuran pH yang ideal untuk ikan discus yaitu 6,5. Jika pH air lebih dari 7, atau di bawah 6, maka akan menyebabkan stres pada discus. Discus juga bisa berkembang di pH tinggi, sekitar 7,8, asalkan ada sedikit saja perubahan.

  1. Kesadahan Air

Discus adalah ikan hias dari Sungai Amazon.Jadi, pastikan kesadahannya sesuai, yaitu 1dH – 8dH.Ukuran kesadahan tersebut dianggap paling mirip dengan Sungai Amazon tempat mereka tinggal.

Untuk menahan dH lebih tinggi, Anda akan memerlukan beberapa tank. Namun, kesadahan air juga dapat melunak dengan penambahan kayu apung pada akuarium.

4. Bersihkan Akuarium dari Amonia

Amonia adalah zat yang tidak baik untuk ikan hias seperti discus. Amonia biasanya timbul akibat pakan yang tidak termakan.Kadar ammonia yang tinggi dapat menyebabkan penurunan warna pada ikan discus.Selain itu, ammonia juga dapat membuat discus bernapas berat.

Pastikan akuarium Anda terbebas dari ammonia.Pastikan Anda membersihkan akuarium secara rutin, atau sesuai kondisinya.

5. Penggantian Air

Air akuarium di mana discus hidup harus Anda ganti  satu minggu sekali. Minimum air yang diganti yaitu sebanyak 50% saja.Tujuannya yaitu untuk mengisi mineral dan mengurangi nitrat.Perlu Anda ketahui, discus adalah ikankontributor besar nitrat di dalam akuarium.Jadi, penggantian air wajib dilakukan secara berkala.

6. Gunakan Kayu Apung di Akuarium

Kayu apung pada akuarium akan berfungsi agar discus nyaman layaknya di rumah. Kayu akan menambah keindahan dan melembutkan air. Selain itu, kayu apung juga dapat menurunkan kadar pH untuk lingkungan yang sesuai bagi mereka.

7. Kombinasikan Akuarium dengan Tangki

Akuarium ikan discus biasanya dikombinasikan dengan tangki dengan injeksi CO2. Biasanya kombinasi tersebut akan menunjukan kadar pH rendah sekitar 6,8. Kadar tersebut diyakini merupakan pH yang cocok untuk discus tinggal.

Anda pun bisa mengombinasikan akuarium dengan tanaman batang.Fungsinya agar discus nyaman serasa di Sungai Amazon.

8. Letak Akuarium

Biasanya, kita akan meletakkan akuarium sesuai dengan keinginan kita. Akuarium umumnya diletakkan di tempat yang akan meningkatkan nilai estetika pada ruangan. Tapi, khusus untuk akuarium discus Anda tidak boleh sembarangan menempatkannya.

Tempat yang cocok untuk meletakkan akuarium yang berisi ikan discus adalah di tempat yang langsung terpapar sinar matahari.Tujuannya untuk memicu tumbuhnya lumut.Tapi, jangan diletakkan di tempat yang sepi atau jarang dilewati.Karena, keindahan ikan discus jadi tidak bisa kita nikmati.

9. Densitas

Densitas ikan discus juga penting untuk diperhatikan.Memeliharanya dengan densitas besar pada akuarium kecil tidak baik untuk pertumbuhan mereka.Memeliharanya dengan densitas kecil pada akuarium juga akan menyebabkan stres. Jadi, pastikan banyak ikan discus sesuai dengan besar akuarium yang digunakan.

Kebanyakan pecinta ikan discus, yakin cara di atas merupakan cara pemeliharaan yang tepat bagi mereka. Meskipun nantinya akuarium tidak estetis, namun baik untuk menjaga kualitas air yang cocok untuk ditempati.

Jual Aquarium Palembang , ikan hias Palembang , toko aquascape , ikan cichlid , ikan koi , ikan arowana , ikan louhan , ikan discus , ikan guppy , ikan aquascape , ikan albino , ikan predator di Palembang