aquarium palembang

Ikan Louhan

Jual Ikan Louhan Palembang

Jual ikan louhan kamfa , cencu , golden base ( louhan GB ) kualitas kontes di Palembang.

RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233

ikan louhan palembang


Jual Ikan Louhan :

Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan Kamfa

Ikan Louhan Golden Base ( Louhan GB )

Sejarah Singkat Ikan Louhan yang Perlu Diketahui

Ikan Louhan atau yang dalam bahasa Inggris disebut flowerhorn ini merupakan salah satu ikan hias yang paling terkenal. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Mancanegara, seperti Amerika, Singapura, hingga Eropa. Ikan yang berhabitat asli di Taiwan dan Malaysia ini telah dipelihara di seluruh dunia. Berikut sejarah singkat ikan hias yang menarik perhatian dunia ini.

  • Pada tahun 1993,berawal dari orang Malaysia yang memelihara ikan dengan kepala yang meonjol ini. Orang-orang di Malaysia sering menyebutnya dengan nama Karoi yang berarti Kapal Perang
  • Pada tahun 1995, diadakan perkawinan silang antar louhan jenis Human Face Red God of Fortune dan menghasilkan louhan jenis baru yang disebut FivecoloursGod of Fortune.
  • Semakin banyak pecintaikan louhan yang melakukan proses persilangan. Louhan yang dihasilkan menjadi sangat beragam dengan benjolan kepala dan warna sisik yang bervariasi
  • Pada tahun 1998, penyempurnaan perkawinan silang secara selektif terus dilakukan. Louhan yang berjenis SevenColorsBlueFieryMouthatau yang sering disebut sebagai GreenishGold Tiger dari Amerikan Tengah dikawinkan silang dengan Jin Gang BloodParrotdari negera Taiwan. Hasil persilangn keduanya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhornHuaLuo Han, yang menjadi pioneer dalam flowerhorndan diikuti dengan flowerhorn yang selanjutnya.

 

Klasifikasi Ilmiah Ikan Louhan

Berikut klasifikasi ilmiah louhan yang mesti Anda ketahui:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Famili : Cicihlidae
  • Genus : Amphilophus
  • Spesies : A. trimaculatus

Penampilan Fisik Louhan

Sekilas louhan memang berbeda dengan ikan hias yang lain. Bahkan melalui siluetnya, Anda pasti bisa mengenali louhan atau bukan. Berikut penampilanikanlouhansecara spesifik yang mungkin belum Anda ketahui

  • Bentuk tubuh louhanseperti leleluhurnya, yaitu berbentuk memanjang yang sedikit pipih. Namun terdapat beberapa varietas louhan yang berbentuk bundar, seperti cakram.
  • Bentuk kepala yang unik, yaitu menonjol besar disertai mata yang tertanam di dalam. Orang Indonesia biasa menyebutnya nonong atau jenong. Tak heran bila bentuk kepala inilah menjadi ikonik bagi louhan. Jika semakin nonong seekor louhan, maka semakin cantik dan mahal harga jualnya.
  • Warna sisiknya yang sangat beragam. Variasi warna sisik ini mulai dari merah menyala, biru terang, ungu muda hingga emas. Bahkan warna yang kaya ini dilengkapi dengan marking yang beragam.
  • Sirip dubur dan sirip punggungnya membentang panjang sampai pangkal ekor.
  • Ekor louhan nyaris berbentuk bulat serta lebih tipis dibanding dengan sirip yang lain.
  • Sirip dada louhanyang mempesona, cukup tembus pandang, dan lebih pendek jika dibanding dengan sirip yang lain
  • Hal terakhir yang paling mengesankan dari ikan mahal ini ialah louhan mampu berumur panjang sampai 12 tahun

Berbagai Jenis Louhan

Sudah tahukah Anda tentang jenis-jenis ikan louhan? Louhanberdasarkan jenisnya dibagi menjadi 6, yaitu:

  1. Golden best
  2. Cencu
  3. Classic
  4. Cinwa
  5. Free Head
  6. FlyMarking

Perilaku Khas Louhan

Pada dasarnya louhan termasuk dalam jenis ikan yang agresif. Hal ini menurun dari para leluhurnya. Dulu di habitat aslinya, louhan mampu berenang dengan licah, naik dan turun. Tak heran, bila sekarang louhan tidak bisa diam di lapisan tertentu di aquarium. Anda bisa memberikan teratmen dengan menyatukan ikan cantik ini dengan ikan hias yang lain. Perilaku agresif ini pastinya bisa berkurang. Selain itu, penyatuan louhandengan ikan yang lain juga bisa membebaskan louhandari stres.

Jenis Air yang Tepat untuk Louhan

Perlu Anda pahami bahwa ikan louhan termasuk dalam jenis ikan yang hidup di air tawar. Dengan demikian jangan biarkan ikan “bermahkota” Anda ini hidup di air payau ataupun air asin. Hal ini dapat berakibat fatal pada louhan, louhan bisa mengalami stres bahkan kematian. Air yang Anda gunakan pun harus tetap terjaga kebersihannya, jadi Anda bisa menggunakan filter untuk menyaring kotoran ataupun sisa-sisa makanan dari louhan tersebut.Pada bagian dasar akuarium, Anda juga bisa menambahkan pasir dan bebatuan, agar air tetap terlihat bersih.

LouhanTermasuk Dalam Jenis Ikan Karnivora

Beberapa diantara Anda pasti mengira bahwa louhan memakan tumbuhan air atau pellet saja. Padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Louhan termasuk ikan karnivora atau pemakan daging.Louhanbisa makan beberapa daging ikan dan sejenisnya.

Mitos Tentang Louhan

Pernahkan Anda mendengar mitos tentang louhan? Ya, mitosnya louhan mampu membuat pemiliknya ditimpa keberuntungan. Bagi Anda yang berminat memelihara louhan, tidak ada salahnya mengetahui asal mula jenis ikan ini. Awal mula kepercayaan ini barasal dari negara Tiongkok. Bahkan banyak pecinta ikan “jenong” ini di Taiwan juga mempercayainya. Begitupun juga di Indonesia. Bahkan, sebutan Louhan dipercaya mengandung arti sebagai dewa yang melindungi.

Louhan yang Memiliki Harga Jual Selangit

Umumnya ikan louhanmemang memiliki harga jual yang tinggi. Namun ada juga beberapa jenis louhan yang memiliki harga jual di atas rata-rata. Berikut ulasan sekilas tentang louhan yang berharga fantastis:

  1. LouhanKamfa

Louhan jenis ini identik dengan warna sisiknya yang kemerahan dengan motif titik-titik. Louhan ini memiliki julukan louhan mutiara. Tak ayal, apabila anakanlouhankamfa bisa dibadrol dengan harga mulai 800 ribuan.

  1. LouhanSuper Red Texas

Ikan jenis ini memiliki warna merah seperti strawberry dengan bitik mutiara sampai ujung ekor.

  1. LouhanSuper Red Synspillum

Louhan ini termasuk ikan yang sangat langka, terlebih di daerah Indonesia. Tak heran, bila jenis ini tergolong mahal dan banyak dicari.

  1. LouhanGolden Red

Louhan bisa dijual dengan nominal yang tinggi karena memiliki cirri khas yang berwarna merah keemasan. Louhangoldenred yang memiliki kualitas biasa saja bisa dibandrol dengan harga 3 jutaan sedangkan louhangoldenred yang sering memenangkan lomba bisa mencapai harga hingga puluhan juta rupiah

  1. LouhanGolden Base

Louhan Golden Base hampir mirip dengan Louhangolden red. Hal yang membuat mirip ialah sama-sama berwarna merahan. Namun ikan jenis ini memiliki warna merah yang cukup keemasan. Anda yang ingin memiliki louhan jenis ini harus menyiapkan dana yang cukup sebesar

Bagi Anda yang berminat memelihara jenis-jenis louhan di atas, pastikan memiliki finansial yang cukup. Hal ini agar tidak menggangukondisi keuangan Anda, karena harga louhan dan perawatannya pun akan cukup menguras kantong Anda.

Harga Jual Ikan Louhan di Pasaran

Jenis louhan Harga satuan
Louhankamfa Rp. 850.000 – Rp. 3.500.000

(tergantung ukurannya)

Louhan Super Red Texas Rp. 150.000 – Rp. 3.000.000

(tergantung ukurannya)

Louhan Super Red Synspillum Rp. 650.000 – Rp. 2.600.000

(tergantung ukurannya)

Louhan Golden red Rp. 650.000 – Rp. 3.000.000

(tergantung ukurannya)

Louhan Golden Base Rp. 850.000 –  Rp. 2.000.000

(tergantung ukurannya)

LouhanCencu Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000

(tergantung ukurannya)

LouhanStorm Rp. 650.000 – Rp. 2.500.000

(tergantung ukurannya)

Louhan Bonsai Rp. 250.000 – Rp. 2.500.000

(tergantung ukurannya)

 

Alasan Mahalnya Louhan

Mungkin ada dari Anda yang bingung, kenapa harga louhan amatlah merokong kantong yang dalam? Hal ini karena permintaan ikan hias yang satu ini bisa dikatakan cukup tinggi. Tak mengherankan harga jual ikan luan mencapai jutaan rupiah per ekornya. Beberapa faktor yang memicu meroketnya harga louhan ialah:

  • Mitos ikan louhan pembawa hoki
  • Bentuk kepala yang nonong
  • Warna sisik yang menakjubkan

Dengan alasan-alasan tersebut, membuat kebanyakan orang rela merogok kantong dalam-dalam untuk memiliki ikan ini. Bagaimana apakah Anda juga tertarik? Apakah tertarik karena mitos tersebut atau apakah karena mengagumi keindahannya?

Tips Agar Louhan Tidak Menjadi Penakut

Biasanya, Louhan merasa penakut karena merasa tidak aman atau tidak nyaman. Maka, sebaiknya Anda harus bisa membuat louhanmerasa nyaman berada di kolam yang Anda sediakan. Nah, berikut tips agarikanlouhan tidak menjadi penakut:

  • Jagalah kebersihan air kolam. Air yang keruh membuat louhan malu ketika didekati oleh orang
  • Tempatkan louhan di lingkungan yang tenang. Perlu juga Anda ingat untuk tidak mendekati louhan dengan suara yang tiba-tiba dan lantang.
  • Kapasitas air menjadi alasan louhan merasa takut. Banyak atau sedikitnya air kolam harus Anda sesuikan dengan ukuran louhan. Sebaiknya jangan terlalu sedikikt memberikan air. Pasalnya akan membuat louhan kebingungan dan mudah takut jika ditangkap
  • Pastikan louhan merasa tenang. Hal tersebut bisa Anda berikan dengan memastikan ketenangan air. Jangan mengobok-obok air karena air yang bergelombang bisa memcicu rasa takut pada louhan
  • Pastikan suhu air sesuai dengan louhan. Kondisi air yang hangat bisa membuat louhan merasa nyaman, bergerak dengan aktifa dan meningkatkan nafsu makan.
  • Keeasaman air harus Anda cek dengan benar. Bila perlu berikan air rendaman dari daun ketapang. Hal ini agar louhan tidak mudah stress maupun takut.
  • Berikan pakan secara rutin. Anda yang ingin mendekati louhan bisa memberikan pakan pada louhan secara rutin. Pemberian pakan ini tak perlu banyak, asalkan rutin. Hal ini akan memermudahlouhan untuk berinterkasi dengan Anda.
  • Sediakan miniature, berupa aneka tanaman plastik. Pasalnya ini akan membuat louhan berada di habitat aslinya.

 

Modal yang Perlu Anda Siapkan untuk Memeliharan Ikan Louhan

Apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan cantik ini, tapi masih bingung dengan anggaran biaya yang harus dikelurakan? Berikut rincian modal bagi Anda yang menginginkan memelihara louhan:

Nama Harga
Louhan Rp. 250.000
Tempat louhan Rp. 2.800.000
Pakan louhan Rp. 2.000.000
Peralatan dan perawatan yang lain Rp. 3.000.000
Total modal Rp. 8.050.000

Modal yang harus Anda sediakan kurang lebih sebesar Rp. 8.050.000. Namun modal tersebut bisa saja berubah bila Anda membeli kebutuhan louhan dengan harga beli yang berbeda.

Tips Mempercepat Pertumbuhan Louhan Agar Berwarna Merah

Setelah Anda mengetahui cara agar louhan tidak menjadi penakut,Anda juga harus mengetahui cara mempercepat pertumbuhan louhan. Berikut tips mempercepat pertumbuhan louhan agar berwarna merah

  1. Gunakan kolam yang memiliki ukuran 3 kali lebuh besar dari ukuran louhan
  2. Lakukan pemeriksaan pH air secara rutin
  3. Lakukan pengontrolan suhu air secara rutin
  4. Bila Anda meletakkan ikan louhan di aquarium khusus, lengkapi dengan alat pemanas atau heater
  5. Gunakan filter atau alat pembersih pada aquarium
  6. Lengkapi kolam dengan lampu
  7. Berikan tanaman air, batu, serta pasir di kolam louhan. Hal ini agar kolam serupa dengan habitat alamnya
  8. Bersihkan kolam minimal dua minggu sekali
  9. Berikan pakan- pakan yang alami

 

Tips Menyeleksi Indukan Louhan

Sebelum melakukan perkawinan untuk louhan, sebaiknya pilihlah indukan terlebih dahulu. Nah berikut langkah-langkahnya

  1. Kepala louhanjenong dengan proporsional
  2. Indukan memiliki sirip bawah, atas serta ekor yang seimbang.
  3. Sirip louhan merekah, utuh, dan lebar
  4. Mata indukan merah dengan penuh
  5. Corak yang ada di tubuh ikan louahn tampak jelas dari pangkal hingga sampai insang
  6. Terdapat bintik seperti jutiara di seluruh tubuh louhan
  7. Mulut louhan simetris dengan tubuh dan kepala

 

Perbedaan Louhan Betina dan Jantan

Anda masih bingung membedakan louhan betina dengan louhan jantan? Berikut cara mudah untuk Anda mengetahuinya. Jenis kelamin louhan dapat dibedakan dari

  1. Bentuk nonongnya

Louhan betina memiliki jenong yang lebih kecil dibandingkan louhan jantan

  1. Bentuk tubuh

Louhan betina memiliki tubuh yang yang lebih kecil dibandingkan louhan jantan. Perlu diingat Anda harus membandingkan ketika kedua louhan berumur sama

  1. Bentuk perut

Louhan betina memiliki bentuk perut yang gemuk sedangkan louhan jantan memiliki bentuk tubuh yang tidak gendung sekaligus ramping

  1. Alat kelamin

Louhan betina memiliki alat kelamin yang cekung dan tidak lancip sedangkan louhan jantan memiliki alat kelamin yang lancip dan menonjol keluar.

 

Ciri-ciri Indukan yang Siap Melakukan Pemijahan

Ciri-ciri Indukan ikan laouhan betina Indukan ikan laouhan jantan
Bagian perut Tampak buncit. Hal ini gonad sudah matang Membentuk sudut tumpul
Perubahan yang terjadi Sisiknya di bagian perut merekah

 

Agresif terhadap indukanlouhan betina yang ditaksir
Tingkah laku Saling memandangi indukan yang ditaksir

Tampak bercengkara

Selalu saling mendekat

 

 

Pemijahan Terhadap Ikan Louhan

Proses pemijahan louhan dapat terjadi secara alami tanpa adanya stimulasi. Namun Anda bisa membatu proses pemijahan sebagai berikut:

  1. Siapkan alat-alat yang membatu proses pemijahan seperti wadah pemijahan, alat filter. Lampu UV, serta bebatuan alami
  2. Pilihlah indukan yang berkualitas. Salah satu tandanya ialah indukan berukuran 10 cm untuk indukan betina dan indukan jantan lebih besar
  3. Letakkan sekat pemisah antara kedua indukan dalam satu wadah. Hal ini bertujuan agar kedua indukan saling mengenal
  4. Apabila indukan betina memerlihatkan tanda-tanda siap bertelur, Anda bisa membuka sekat pemisah tersebut
  5. Amati kedua indukan tersebut. Jika kedua indukan tampak bersama, maka biarkan mereka. Namun jika kedua indukan tersebut berkelahi, maka pisahkan dan ganti salah satu indukan sehingga proses pemijahan dapat terus terjadi
  6. Biasanya telur yang dihasilkan bisa mencapai 900 butir telur
  7. Sediakan tempat untk telur, seperti piring media atau keramik incubator di bagian dasar wadah

Perawatan Larva Louhan

Berikut perawatan larva ikan louhanyang bisa Anda lakukan:

  1. Pisahkan indukan jantan dari telur
  2. Letakkan indukan betina di sekitar telurnya
  3. Telur membutuhkan 48 hingga 5o jam untuk menetas.
  4. Setelah menetas pindahkan dari indukan betina
  5. Benih yang baru menetas biasanya akan berkumpul
  6. Sebaiknya matikan filter. Hal ini agar benih tidak tersedot
  7. Jangan beri makan selama 1 sampai 3 hari. Benih masih memiliki cadangan pakan
  8. Pada hari ke 4, berikan benih pakan, berupa rotifer atau kutu air
  9. Hidupkan filter air, ketika pemberian pakan . namun tutup paralon penyedot dengan kain agar benih tidak masuk.

 

Tips Memilih Anakan Louhan yang Berkualitas

Anakanikan louhan yang ada di pasaran pastilah cantik dan menarik. Namun Anda harus memerhatikannya dengan teliti. Berikut tips memilih anakanlouhan yang berkualitas

  1. Anakanlouhan mampu bergerak dengan agresif dan tidak cacat di bagian tubuhnya
  2. Anakanlouhan yang bagus biasanya memiliki pada bagian kedua bola mata berwarna merah
  3. Anakanlouhan memiliki bentuk tubuh yang gemuk, cukup tebal, serta memanjang
  4. Pilihlah anakan yang memiliki motif mutiara bagian tubuhnya
  5. Pilihlah anakan yang memiliki garis marking yang unik
  6. Jangan membeli anakanlouhan yang tidak memiliki nonong di kepala
  7. Hindari memilih anakanlouhan yang memiliki sisik yang putih dan berjamur

Tips Seleksi Louhan

Seleksi perlu Anda lakukan. Hal ini guna memeilihlouhan yang terbaik. Berikut seleksi louhan yang bisa Anda lakukan

  • Seleksi ukuran louhandilakukan ketika benih memasuki usia 20hari
  • Seleksi berdasarkan grade dilakukan ketika louhan berusia 2 bulan

Grade A apabila louhan memiliki corak yang berwarna pada pangkal ekor hingga operculumsera berbadan pendek

Grade B apabila louhan memiliki corak setengah badan

Grade C apabila louhan hanya memiliki corak pada bagian pangkal ekor saja. Grade B bisa saja masuk dalam grade C bila berbadan panjang.

 

Pakan Ikan Louhan yang Mempercepat Jenong

Louhan yang memiliki jenong mampu dijual dengan harga yang tinggi. Maka perhatikan pakan yang Anda berikan. Berikut jenis pakan yang bisa mempercepat jenonglouhan

  • Paket Tetra Louhan
  • Paket Yukari Louhan
  • Cacing
  • Gammarus
  • Udang
  • Janngkrik
  • Ikan kecil

 

Risiko Memelihara Louhan

Dalam memelihara louhan juga ada risiko yang mungkin Anda alami. Beberapa risiko biasanya disebabkan karena kesalahan dalam pemeliharaan louhan, merawat kolam louhan, dan pemberian pakan yang tidak sesuai.

Kesalahan-kesalahan tersebut mengakibatkan beberapa hal, misalnya:

  • Warna sisik louhan yang tidak meninjol
  • Louhan mengalami cacat
  • Louhan mengalami stress hingga kematian

Setelah mengetahui resiko dalam memeliharanlouhan, sebaiknya Anda menghindari beberapa penyebab kesalahan dalam pemeliharaan louhan.

Penyakit Pada Louhan dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakt yang menyerang louhan ialah

Penyakit Penyebab Gejala Pengobatan Pencegahan
Titik putih (White Spot)

 

Penyebab penyakit ini ialah kualitas air yang burung sehingga memicu protozoa bersilia yang dinamakan Ichthyophithiriusmultifilis

 

Gejala yang ditumbulkan penyakit titik putih, diantaranya bintik-bintik putih seperti garam di semua bagian tubuh louhan, nafsu makan menurun, dan ikan terlihat menggarukkan tubuh di benda-benda di sekitar kolam

 

Pengobatan untuk penyakit ini dengan mengganti air kolam, memberikan perawatan dengan menambahkan aquarisol dan satu sendok garam, per 40 liter air, dan menaikan suhu air di atas 29˚C selama beberapa hari kedepan

 

Pisahkan ikan yang terserang penyakit dengan ikan lokan yang lain kurang lebih selama 3 sampai 4 minggu
dropsy Infeksi organ internal oleh bakteri

Kepadatan kolam

stres

Sisik dan mata terlihat bengkak

Louhan terlihat kembung

Louhan tidak makan

 

Gunkankanacyn, maracyn, tetracyclin, atau pakan antibiotic yang berspektrum luas

Jangan gunakan garam aquarium. Hal ini bisa menyebabkan louhan mengalami kematian dalam waktu dekat

Lakukan pergantian air sesering mungkin

Hindari kontaminasi akuarium silang

Pisahkan louhan yang sedang sakit

Lubang di kepala louhan(Holeinthehead) Kualitas air yang buruk dan tertular hexamita protozoa Adanya benjolan dan lubang di kepala louhan

Berkurangnya nafsu makan ikan, warna sisik menjadi gelap, dan sirip menjadi menguncup

Ganti 75% air kolam

Tambahkan metronidazole sebanyak 250 mg untuk 40 liter air

Ganti air kolam setiap minggu

Pisahkan louhan yang terserang penyakit

Pertahankan suhu dalam air

Cacing Adanya cacing di tubuh louhan Louhan menggesekkan tubuhnya pada benda yang kasar

Plat insang louhan menjadi rapat bahkan louhan mengalami sulit nafas

Obati dengan menggunkan formalin

Cuci semua alat filtrasu

Lakukan pergantian air kolam secara rutin
Jamur Kondisi air yang berubah secara mendadak

Dipicu oleh flexibacterbacterium

Hilangnya nafsu makan pada louhan

Ekor dan sirip menjadi pendek

Bagian sirip dan ekor muncul sesuatu yang mirip kapas berwarna keabu-abuan atau putih

Lakukan pergantian 30 % air setiap tiga hari

Gunkan obat-obatan, seperti acriflavine, methyleneblue atau sejenisnya

Berikan garam sebanyak satu sendok makan setiap 20 liter air

Hindari kontaminasi kolam silang

Ganti air secara rutin

Kotoran louhan berwarna putih Adanya parasit internal di bagian perut dalam

Pakan yang hidup dan beku

Pakan tinggi protein

Nafsu makan louhan berkurang

Louhan menghasilkan kotoran berwarna putih

Naikkan suhu air menjadi 30˚C ke atas

Ganti 30% air

Berikan pakan dengan pellet berprotein yang rendah

Bila perlu puasakan louhankukrang lebih selama 3 hari

Ulangi perawatan sampai louhan benar-benar sehat

Pastikan kualitas air kolam bagus

Lakukan pergantian air secara teratur

Karantina louhan yang sakit

Borok Louhan yang stress akan berusaha lompat atau menabrakkan diri pada benda-benda disekitar kolam. Hal ini yang menjadikan tubuh louhanterluka lalu timbul borok Timbulnya lender putih atau  nanah Jangan gunakan benda-benda yang tajam dan kasar

Kondisikan suhu air kolam dengan baik

Gunakan obat-obatan yang direkomendasikan dokter hewaan atau pakar louhan

 

Sebenarnya masih ada banyak jenis penyakit yang dapat menggangulouhan kesayangan Anda. Sebaiknya berikan perawatan yang benar. Sehingga louhan Anda terbebas dari segala penyakit yang mencerca.

Tips Memelihara Louhan

Tidak semua orang bisa merawat louhan yang memili kondisi fisik yang unik. Pasalnya, pemeliharaan louhan ini mampu mempengaruhi keindahan “jidat nonong” dan warna kulitnya. Dengan demikian, Anda perlu memahami cara merawat ikan dengan julukan Dewa yang melindungi ini.

  • Sediakan aquarium yang cukup ruang
  • Flowerhornharus dipelihara di dalam air dengan suhu sekitar 80 sampai 85˚F atau 26 sampai 29˚C.
  • Periksa kondisi air secara rutin
  • Air ikan louhan harus mengandung pH antara 7,4 sampai 8,0
  • Bersihkan aquarum dan filter aquarum
  • Berikan pakan yang berkualitas
  • Ajak louhan untuk berinteraksi
  • Untuk pertumbuhan yang baik, louhan memerlukan tangki minuman kurang lebih 20 sampai 30 galon

Jadi itulah informasi lengkap tentangikanlouhan. Bagaimana, tertarik untuk memelihara ikan cantik yang satu ini? Pastikan Anda merawatnya dengan baik ya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Jual Aquarium Palembang , ikan hias Palembang , toko aquascape , ikan cichlid , ikan koi , ikan arowana , ikan louhan , ikan discus , ikan guppy , ikan aquascape , ikan albino , ikan predator di Palembang