aquarium palembang

Ikan Oscar


Jual Ikan Oscar Palembang

Jual ikan oscar paris , batik , tiger dan albino di Palembang.

RAJA AQUATIC PALEMBANG

JL. Kenten Sako

WA :  082122288233

aquarium palembang


Jual Ikan Oscar :

Ikan Oscar Paris

Ikan Oscar Paris Albino

Ikan Oscar Batik

Ikan Oscar Batik Albino

Ikan Oscar Tiger

Ikan Oscar Hitam ( Black Oscar )

Ikan Oscar Merah ( Red Oscar )


Pencinta Ikan Hias, Kenalan yuk, dengan Si Cantik Ikan Oscar yang Memikat

Berkenalan Lebih Dekat dengan Ikan Oscar

Jenis ikan hias ini mempunyai nama latin Astronotus Ocellatus. Ikan oscar kini muncul sebagai salah satu ikan hias favorit karena warnanya yang cantik memikat.  Jenis dan variasinya kini pun semakin banyak, sebab adanya kawin silang antara jenis Oscar yang berbeda.

Namun, dari sekian banyak jenis Oscar yang ada, terdapat beberapa  jenis yang diminati para pencinta ikan hias di Indonesia. Dengan karakteristik masing-masing serta harga yang beragam pula. Apa saja jenis yang jadi favorit, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Oscar Albino

Jenis pertama dari ikan ini adalah ikan oscar Albino. Termasuk jenis ikan oscar termahal dan juga paling cantik. Wajar, sebab ikan ini adalah jenis yang terbilang susah ditemui dan susah untuk dibudidayakan. Warna tubuhnya yang cantik menyebabkan pencinta ikan hias rela merogoh kantong dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini.

Ciri khas Oscar Albino adalah warna dasar tubuhnya yang berwarna putih dengan corak bintik-bintik warna emas kemerahan. Ditambah lagi dengan matanya yang berwarna merah serta sirip yang lebar.

Harga Oscar Albino anakan adalah Rp. 45.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan dewasa harganya bisa mencapai Rp. 130.000 hingga Rp. 150.000 per ekor.

2. Oscar Red

Deretan ikan hias favorit lainnya adalah ikan oscar Red. Jenis ini banyak diperjualbelikan di toko ikan hias. Ciri utama ikan ini adalah sifatnya yang agresif cenderung galak.  Warna tubuhnya adalah merah bercampur dengan orange. Pada bagian sisi kepala , ekor dan sirip warnanya adalah hitam. Lebih suka memakan ikan-ikan kecil dan udang. Jika besar ukuran Oscar Red bisa mencapai 50 cm.

Harga Oscar Red di pasaran untuk ukuran dewasa bisa mencapai Rp. 110.000-Rp. 125.000 per ekor.

3. Oscar Tiger

Jenis selanjutnya adalah jenis yang banyak dicari meskipun Oscar Tiger terbilang mengerikan.  Ciri khas dari jenis ini adalah warna dasar tubuhnya yang berwarna hitam abu-abu dengan corak tubuh warna merah atau orange. Oscar Tiger lebih suka menyendiri dan bergerak agresif. Dikenal juga sebagai ikan oscar terbesar.

Apabila jenis lain adalah hasil dari kawin silang, berbeda dengan ikan ini yang masih murni. Bukan hasil kawin silang. Harga Oscar Red di pasaran tidak terlalu mahal . ukuran dewasa harganya hanya Rp. 90.000-Rp.110.000 per ekornya.

4. Oscar Slayer

Oscar Slayer adalah jenis ikan hias Oscar yang sudah familier di kalangan pencinta ikan hias dan merupakan ikan tercantik dari jenis oscar. Ciri utama ikan ini adalah siripnya yang panjang dan lebar. Ikan ini sebenarnya adalah ikan yang mengalami kelainan genetik, tapi justru inilah yang membuat Oscar Slayer banyak dicari karena keunikannya.

Yang paling sering ditemui dari jenis Oscar dengan sirip slayer  adalah oscar albino dan oscar red. Harga ikan ini terbilang mahal. Untuk ikan dewasanya harganya bisa mencapai Rp. 140.000-Rp.160.000.

5. Oscar Batik

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak jika Oscar ini mempunyai corak bintik-bintik pada tubuhnya yang dominan warna hitam. Mirip dengan batik. Banyak orang yang mengira apabila Oscar batik dan Oscar tiger sama. Padahal keduanya berbeda pada corak tubuhnya. Corak oscar batik lebih mirip dengan oscar albino.

Harga oscar batik termasuk terjangkau untuk ukuran ikan hias. Ukuran dewasa biasanya dihargai Rp. 75.000-Rp.90.000 per ekor.

6. Oscar Black

Jenis yang satu ini terbilang ikan hias yang sulit untuk ditemui. Untuk mendapatkan ikan oscar Black harus keturunan dari oscar tiger dan mempunyai kelainan genetik. Alhasil meskipun tubuhnya didominasi warna hitam, tapi dari segi corak berbeda dengan oscar tiger. Oscar black coraknya cenderung berwarna silver.

Karena kelangkaannya inilah menyebabkan harga oscar black cenderung mahal. Satu ekornya bisa dihargai hingga mencapai Rp.80.000.

7. Oscar Lemon

Melihat ikan ini, Anda pasti membayangkan buah lemon yang segar. Itu disebabkan karena ikan ini memang mempunyai warna dasar tubuh yang hampir sama dengan buah lemon. Namun, tidak semua tubuhnya berwarna kuning menyala. Ujung siripnya memiliki warna hitam atau putih. Harga ikan ini sangat mahal karena kemolekan warnanya, yaitu sekitar Rp.150.000 per ekor, dan termasuk ikan oscar termahal.

Peluang Usaha Budidaya  Ikan Oscar dan Analisa Usahanya

Dengan semakin banyaknya yang menyukai jenis ikan hias ini, serta semakin tingginya permintaan akan ikan hias Oscar, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk melakukan budidaya. Warnanya yang cantik menjadi daya pikat utama, meskipun beberapa ada yang harganya mahal. Semua jenis oscar pada dasarnya bisa dibudidaya. Utamanya jenis Oscar yang sulit untuk didapatkan.  Peluang usaha ikan hias ini pun tinggi dan mendatangkan banyak keuntungan. Budidaya ikan ini bisa dilakukan di dalam kolam atau pun akuarium.

Untuk proses pembudidayaannya, memang terbilang mudah. Agar dapat berkembang biak dengan baik, diperlukan perawatan khusus. Namun, mengingat potensi bisnis budidaya oscar yang sangat menguntungkan, seiring dengan tingginya permintaan pasar, hal tersebut bukan menjadi masalah berarti.

Pemasaran oscar pun sangat luas. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga bisa dikirim ke luar negeri. Apakah Anda juga berminat untuk membuka usaha budidaya oscar yang menguntungkan ini? Simak langsung ulasan tentang tata cara budidayanya yang tepat dan sukses di bawah ini:

  1. Memulai Bisnis Budidaya Oscar

Untuk saat ini budidaya peternakan ikan hias oscar menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah ada matinya sekaligus budidaya yang menguntungkan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini, dapat memulainya dengan membuat kolam di depan rumah sebagai media budidaya. Modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

2. Peralatan Bisnis Budidaya Oscar

Dalam proses budidaya ikan hias oscar membutuhkan beberapa peralatan yang cukup penting. Mulai dari pengadaan bibit, pembuatan kolam, selang, terpal dan beberapa peralatan lainnya. Apabila peralatan yang dibutuhkan telah tersedia dengan baik, bisnis ini tidak akan mengalami kendala dalam hal teknis. Anda hanya perlu mengawasi tentang berbagai kemungkinan penyakit yang mungkin akan timbul selama perkembangan ikan hias oscar.

3. Pemasaran Ikan Hias Oscar

Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang pemasaran ikan hias oscar, sebab ikan hias ini telah punya pasar tersendiri. Pencinta ikan hias yang satu ini semakin banyak. Jadi tidak akan terlalu sulit. Atau Anda bisa juga menjualnya ke pasar ikan hias yang ada di sekitar Anda. Agar jaringan pemasaran semakin luas, Anda bisa bergabung dengan komunitas pencinta ikan hias oscar. Bukan hanya untuk mendapatkan pasar, komunitas ini pun dapat membantu untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang budidaya oscar.

 

 

4. Harga Jual Ikan Hias Oscar

Perlu Anda ketahui harga ikan hias oscar  lumayan tinggi di pasaran.  Untuk jenis  oscar terbaik dan tercantik, seperti ikan oscar Malaysia saja, harganya bisa mencapai ratusan ribu untuk satu ekor ukuran dewasa.  Harga ikan akan semakin tinggi, apabila ikan yang Anda budidaya termasuk jenis yang sulit ditemui dan susah untuk dibudidaya.

5. Keuntungan Budidaya ikan Hias Oscar

Dari harga ikannya yang sudah jelas begitu tinggi tersebut, sudah bisa ditebak bahwa keuntungan yang akan didapatkan lumayan tinggi. Bayangkan saja, dengan modal yang hanya ratusan ribu, keuntungan Anda dalam sekali panen bahkan bisa mencapai puluhan juta.

6. Ulet dan Sabar

Meskipun ikan hias oscar dalam proses budidaya, bukan tergolong jenis yang susah, tetap saja butuh kesabaran dan ketelatenan dalam melakukannya.  Utamanya ketika oscar terkena beberapa penyakit atau hama yang dapat mengancam perkembangannya. Ikan hias oscar dalam budidayanya juga membutuhkan beberapa perawatan seperti pengadaan makanan yang berkualitas agar warna tubuhnya bisa semakin cantik dan tumbuh besar dengan cepat.

7. Pemberian Pakan yang tepat

Kunci agar oscar dapat tumbuh dengan baik dan sehat, bukan hanya berasal dari perawatan kolam dan kualitas airnya saja. makanan yang diberikan juga harus diperhatikan. Demikian juga tentang waktu pemberian makan dan porsinya. Sebagai jenis ikan yang agresif, ikan ini tidak boleh mengalami kekurangan pakan untuk mencegah kanibalisme. Beberapa jenis makanan akan dibahas  di poin selanjutnya, tentang makanan apakah yang baik dan tepat untuk perkembangan ikan hias oscar.

Jual Aquarium Palembang , ikan hias Palembang , toko aquascape , ikan cichlid , ikan koi , ikan arowana , ikan louhan , ikan discus , ikan guppy , ikan aquascape , ikan albino , ikan predator di Palembang